Janji Mengenai Roh Kudus

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8, TB)



Pembahasan: Kisah Para Rasul 1:8 | Ayat Bacaan: Kisah Para Rasul 1:1-8

Sebelum naik ke sorga, Yesus meminta murid-murid-Nya berkumpul dan tinggal di Yerusalem untuk menantikan janji Bapa. Mereka akan menerima kuasa dari Roh Kudus, sebelum mereka diutus untuk melanjutkan pelayanan Yesus di dunia. Awalnya, murid-murid Yesus mempunyai pemahaman yang salah tentang kuasa Roh Kudus yang akan diberikan kepada mereka. Mereka menganggap bahwa saat pemulihan kerajaan Israel telah tiba dan Mesias akan tampil sebagai raja. Karena itu, mereka mengajukan permintaan kepada Yesus: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” Pemahaman mereka tentang kerajaan Allah identik dengan kerajaan Israel di dunia (1:6).

Hal yang sama bisa terjadi dengan banyak gereja hari-hari ini. Gereja sangat bersemangat dan berlomba-lomba melakukan banyak pembenahan dan perubahan pasca Covid 19. Fokus utama mereka adalah mengembalikan jemaat untuk bisa aktif menghadiri ibadah tatap muka seperti sebelum masa pandemi Covid. Apakah yang telah dipelajari gereja-gereja selama masa pandemi covid 19? Apakah gereja tahu apa yang Tuhan kehendaki bagi gereja-Nya pasca covid 19? Apakah gereja sedang mengerjakan agenda Allah untuk menuntaskan Amanat Agung-Nya atau sedang sibuk mengerjakan agendanya sendiri?

Kita bersyukur bahwa murid-murid diingatkan Yesus untuk tetap fokus pada panggilan mereka yang utama yaitu menjadi saksi-Nya di tengah dunia untuk menuntaskan Amanat Agung-Nya. Karena itu, Roh Kudus diberikan kepada murid-murid agar mereka dapat melakukan tugas ini bukan dengan kekuatan sendiri tapi dengan kuasa Roh Kudus. Tidak ada yang perlu mereka takutkan, karena Tuhan menyertai mereka (Matius 28:20). Ingatlah selalu akan penggilan kita untuk menjadi saksi-Nya di tengah dunia, bukan untuk lari dari dunia atau menjadi serupa dengan dunia, tetapi untuk memberitakan Injil-Nya. Pastikan kita selalu bersandar pada kuasa Roh Kudus, kuasa di atas segala kuasa, kuasa yang berasal dari surga dalam menuntaskan Amanat Agung-Nya.

STUDI PRIBADI: Apa isi Amanat Agung Tuhan Yesus kepada orang percaya? Dengan kuasa apakah kita bisa menuntaskan Amanat Agung tersebut?

Pokok Doa: Berdoa agar Gereja Tuhan terus mengerjakan agenda Tuhan, bukan agendanya sendiri, yaitu untuk menaati Amanat Agung yang Tuhan berikan.

Sharing Is Caring :

×

Kisah Para Rasul 1 : 1-8

Roh Kudus dijanjikan

1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,

2 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya.

3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.

4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang -- demikian kata-Nya -- "telah kamu dengar dari pada-Ku.

5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

Yesus terangkat ke sorga

6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"

7 Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.

8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

×

Kisah Para Rasul 1 : 6

6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"

×

Matius 28 : 20

20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

×

Matius 28 : 20

20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

×

2 Korintus 4 : 17

17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

×

Markus 14 : 6

6 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *