Penyembuhan Orang Lumpuh

“Dan karena kepercayaan dalam Nama Yesus, maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.” (KPR 3:16)



Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 3:16 Ayat Bacaan: Kisah Para Rasul 3:1-10

Bayangkan, Anda sedang berjalan di pusat kota yang ramai. Di antara hiruk-pikuk para pejalan kaki, dan Anda melihat seorang pengamen jalanan yang duduk di trotoar dengan sebuah gitar tua. Kebanyakan orang hanya berlalu begitu saja tanpa mau menghiraukan keberadaannya. Namun, begitu ia mulai memetik gitarnya dan bernyanyi, suaranya yang merdu menarik perhatian Anda dan beberapa pejalan kaki lainnya. Ternyata, di balik penampilan lusuhnya, ia memiliki bakat luar biasa yang tersembunyi.

Bagian ini menceritakan tentang seorang pria lumpuh yang duduk di Pintu Gerbang Indah setiap hari untuk meminta sedekah. Namun, satu momen luar biasa mengubah hidupnya dalam sekejap. Ketika Petrus dan Yohanes berjalan melewatinya, mereka menyembuhkan pria itu dalam nama Yesus. Pria yang tadinya lumpuh sejak lahir dapat melompat dan berjalan, memuji Allah dengan penuh sukacita. Peristiwa ini menegaskan kuasa dalam nama Yesus untuk menyembuhkan, sama seperti yang Dia lakukan semasa hidup-Nya di bumi. Ini juga menjadi kesaksian nyata bagi kebangkitan Yesus dan penyebaran Injil di Yerusalem. Di sisi lain, mukjizat ini memperlihatkan kuasa Roh Kudus yang bekerja melalui para rasul.

Dunia juga sering kali memandang rendah kita karena keburukan, ketimpangan, kelemahan, bahkan ketidakberdayaan kita. Namun, kuasa Kristus yang dialami orang lumpuh tersebut juga mampu mengubahkan kehidupan kita. Kita yang lemah akan dimampukan. Kita yang putus asa akan diberikan pengharapan. Seperti halnya pria itu, kita akan memuji Allah dengan penuh sukacita atas karya-Nya yang ajaib dalam hidup kita. Sebagai orang percaya, kita dipanggil untuk menjadi saksi akan kuasa Yesus yang bangkit, baik melalui perkataan maupun perbuatan kita. Ketika kita memberitakan Injil dan melayani sesama dengan kasih, kita menjadi alat bagi Roh Kudus untuk melakukan mukjizat-mukjizat yang berdampak bagi hidup orang lain. Kiranya Roh Kudus memampukan setiap kita.

STUDI PRIBADI: Mengapa tiap-tiap hari orang lumpuh itu diletakkan di dekat Pintu Gerbang Indah tersebut? Bagaimana perubahan hidup yang dialami orang yang lumpuh tersebut?

Pokok Doa: Berdoa agar kehidupan orang percaya menjadi kesaksian yang memberkati sesamanya dan memuliakan Bapa di Sorga. Berdoa bagi anak-anak Tuhan yang terpilih sebagai pemimpin, menjadi terang & garam dunia.

Sharing Is Caring :

×

Kisah Para Rasul 3 : 1-10

Petrus menyembuhkan orang lumpuh

1 Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah.

2 Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah.

3 Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah.

4 Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami."

5 Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka.

6 Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!"

7 Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu.

8 Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat serta memuji Allah.

9 Seluruh rakyat itu melihat dia berjalan sambil memuji Allah,

10 lalu mereka mengenal dia sebagai orang yang biasanya duduk meminta sedekah di Gerbang Indah Bait Allah, sehingga mereka takjub dan tercengang tentang apa yang telah terjadi padanya.

×

1 Korintus 15 : 1-11

Kebangkitan Kristus

1 Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.

2 Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu--kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.

3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,

4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

5 bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.

6 Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.

7 Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul.

8 Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

9 Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah.

10 Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

11 Sebab itu, baik aku, maupun mereka, demikianlah kami mengajar dan demikianlah kamu menjadi percaya.

×

1 Korintus 15 : 3

3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,

×

1 Korintus 15 : 4

4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

×

Kisah Para Rasul 2 : 34a

34a Sebab bukan Daud yang naik ke sorga,

×

Kisah Para Rasul 2 : 34b

34b malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *